Megapa Harus Ber Ansor?

By MOHAMMAD FURQON 04 Agu 2023, 12:34:56 WIB PAC
Megapa Harus Ber Ansor?

Keterangan Gambar : Rutinan MDS RA PC GP ANSOR Sidoarjo


Megapa Harus Ber Ansor ?



Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) merupakan organisasi kepemudaan di bawah bendera Nahdlatul Ulama. Nahdlatul Ulama yang didirikan oleh Hadratu As-Syaikh KH. Hasyim As’ari pada 31 Januari 1926 M./ 16 Rajab 1344 H telah membuktikan eksistensinya sebagai Jam’iyah yang berperan penting dalam menjaga amaliyah Ahlu Sunnah Wa Al-jama’ah di Indonesia, selain itu,  Nahdlatul Ulama juga mempunya peranan penting dalam merebut kemerdekaan dan menjaga kokohnya persatuan dan kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Baca Lainnya :

Sebagai pemuda sudah barang tentu kita akan menjadi penerus tongkat estafet perjuangan Nahdlatul Ulama, oleh karenanya berada dalam bendera Ansor adalah suatu keharusan. Kita tidak perlu harus ikut berjuang melawan penjajah , kita cukup merawat dan melestarikan amaliyah Ahlu Sunnah wa Al-Jama’ah dan tak kalah pentingnya adalah menjaga Kesatuan dan Persatuan NKRI segai mana semboyan yang selalu kita teriakkan“ NKRI HARGA MATI” / “ HUBBU AL-WATHAN MINAL IMAN”.

Mungkin Sebagian pemuda secara individu mengatakan “aku bisa beramal tanpa harus berorganisasi di Ansor” pernyataan itu sah-sah saja, akan tetapi sebagai seorang yang terlahir di dalam lingkungan NU kita harus ikut serta membesarkan dan menjaga tinggalan para ulama, para kiyai, dan orang-orang shalih terdahulu ini dengan masuk di dalam rombongan atau keorganisasiannya, tidak hanya sebagai pengikut, tapi juga sebagai pelaku.

Belajar dari ilmu sapu lidi, yang mana jika hanya satu lidi saja tidak akan mampu optimal bahkan tidak mampu berfungsi membersihkan kotoran, berbeda saat dengan banyak lidi yang bersatu, pasti akan mampu dan kuat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Sayyidina Umar, r.a menceritrakan hadits Nabi SAW .

إِنَّهُ لَا إِسْلَامَ إِلَّا بِجَمَاعَةٍ وَلَا جَمَاعَةَ إِلَّا بِإِمَارَةٍ وَلَا إِمَارَةَ إِلَّا بِطَاعَةٍ

“Ingatlah, sesungguhnya tidak ada Islam kecuali dengan berjama'ah, dan tidak ada jama'ah kecuali dengan adanya kepemimpinan, dan tidak ada (gunanya) kepemimpinan kecuali dengan ketaatan”_ HR. Al-Darimi: 253

Hadis tersebut mengajarkan kepada kita pentingnya perkumpulan atau Jama’ah atau Organisasi yang berada dalam ketaatan pada Allah SWT.

Gerakan Pemuda Ansor adalah wadah yang tepat untuk para pemuda untuk ikut serta menjadi aktor dalam menjaga ajaran Islam Ahlu Sunnah wa Al-Jama’ah dan menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Agama dan Negara.

Kemajuan zaman dan tekhnologi saat sekarang ini, menjadi salah satu faktor maraknya kenakalan remaja dan pemuda, seperti pergaulan bebas, penyalah gunaan narkoba dan minuman keras, perjudian dan lain-lain. Hal ini akan terus terjadi jika berada ditempat atau komunitas yang salah. Maka jangan sampai salah memilih teman, perkumpulan, dan organisasi. ANSOR adalah pilihan tepat dan cerdas dengan amaliyah yang Agamis dan Nasionalis.

Dan sebagai pemuda yang berada di wilayah kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo sudah sepantasnya kita ikut serta membesarkan NU melalui GP ANSOR Balongbendo dengan ikut aktif dalam segala agenda kegiatan positivnya, dan memberikan inovasi-inovasi baru dalam membangun dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repuplik Indonesia. Karena kenangan kita adalah saat kita bergerak dan memberi kemanfaatan , bukan saat kita diam tanpa reaksi apa-apa. #PEMUDA_BERGERAK_NEGARA_TEGAK.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment